Ciri-ciri Artikel Berkualitas dan Cara Mendapatkannya

Keberadaan konten berkualitas merupakan salah satu faktor terpenting yang harus dimiliki oleh setiap website. Sebab, konten berkualitas merupakan salah satu parameter penting bagi mesin pencari seperti Google dalam menilai kualitas sebuah website dan kelayakannya untuk menempati posisi yang baik pada halaman hasil pencarian Google.

Konten berkualitas bukanlah sebuah konten yang hanya berisi kata kunci yang ditargetkan, tapi kaya  informasi disamping alur artikelnya yang memang dibuat untuk dibaca oleh manusia.

Google sendiri memiliki kriteria artikel berkualitas yang telah mereka tetapkan, sebagaimana yang disebutkan oleh pihak Google di panduan webmaster mereka. Dengan menerapkan kriteria tersebut niscaya artikel Anda tergolong berkualitas di mata Google . Apa sajakah kriteria tersebut? Sebagai jawabannya, di bawah ini akan saya sebutkan kriteria-kriteria tersebut.


5 Kriteria Artikel Berkualitas Menurut Google

1.Berguna dan informatif   
Salah satu kriteria artikel berkualitas menurut Google adalah artikel yang berguna dan informatif. Yang dimaksud dengan berguna dan informatif di sini adalah memiliki manfaat dan kejelasan bagi para pembaca sehubungan dengan informasi yang tertulis di dalamnya.  Misalnya jika Anda membuat artikel tentang sebuah hotel tertentu, maka Anda harus menyertakan dalam artikel tersebut lokasi hotel, nomor customer servicenya, tarif kamar per malam, serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan hotel tersebut.

Demikian pula jika Anda membahas sebuah tipe laptop tertentu misalnya, maka artikel tersebut dianggap berkualitas jika Anda menyebutkan secara detail informasi yang berhubungan dengannya seperti spesifikasi, kelebihan dan dan kekurangan, harga jual, bahkan kalau lebih baik lagi jika Anda bisa menyebutkan lokasi tempat untuk membeli laptop tersebut dengan harga murah.

2.Memiliki nilai lebih
Kriteria artikel berkualitas lainnya menurut Google adalah nilai lebih yang dimiliki oleh artikel tersebut. Yang dimaksud dengan nilai lebih di sini adalah adanya tambahan informasi yang tidak dimiliki oleh artikel-artikel semisalnya yang banyak terdapat di internet. Misalnya ketika Anda menulis artikel tentang 'cara merawat bayi berusia 1 tahun', maka informasi yang Anda sajikan dalam artikel tersebut memiliki nilai tambah dari artikel-artikel lainnya yang setopik dengan itu.

Lalu bagaimana caranya menyajikan tambahan informasi yang lebih dari artikel-artikel lainnya? Caranya mudah, yaitu dengan mengumpulkan sumber informasi sebanyak-banyaknya seputar masalah tersebut, lalu merangkumnya dalam sebuah artikel yang sarat info, atau bisa juga dengan menulisnya dari pengalaman pribadi Anda sendiri atau orang-orang yang Anda kenal.

3.Dapat dipercaya
Sebuah artikel dikatakan berkualitas apabila artikel tersebut bisa dipercaya. Dalam artian artikel tersebut memiliki sumber daya atau referensi yang bisa dijadikan bukti akan kebenaran apa yang telah tertulis dalam artikel tersebut. Ini dalam rangka menjaga keilmiahan informasi yang diberikan kepada para pembaca.

4.Berkualtas tinggi
Sebuah artikel dikatakan berkualitas menurut Google ketika mengumpulkan tiga hal; unik, spesifik, serta berkualitas tinggi. Dikatakan unik karena artikel tersebut bersifat original dan bukan merupakan copy paste dari artikel lain. Untuk mengukur tingkat keunikan artikel bisa menggunakan parameter copyscape premium atau situs smallseotools.com.

Adapun yang dimaksud dengan spesifik adalah informasi yang diberikan tidak hanya bersifat umum, tapi juga mendetail sehingga bisa memberikan gambaran yang jelas bagi para pembaca. Misalnya ketika Anda menulis artikel tentang masalah ‘perawatan anak usia 1 bulan’, maka dalam artikel tersebut disebutkan langkah demi langkah perawatan bayi usia 1 bulan secara detail, termasuk hal-hal yang harus dihindari.

Sedangkan yang dimaksud dengan berkualitas di sini adalah kualitas artikel secara umum, yang mencakup semua kriteria yang telah disebutkan sebelumnya.

5.Menarik
Sebuah artikel dikatakan berkualitas apabila artikel tersebut menarik. Defenisi menarik menurut Google adalah jika artikel tersebut disertai dengan gambar produk, gambar tim, gambar diri sendiri, dan artikel tersebut bebas dari kesalahan ejaan dan gaya tulisan yang kurang bagus.

Cara Mendapatkan Artikel Berkualitas

Setelah mengetahui pentingnya artikel berkualitas dan ciri-ciri artikel berkualitas menurut Google, maka yang perlu diketahui adalah bagaimana cara mendapatkan artikel berkualitas untuk dijadikan postingan di website atau blog kita.

Berikut ini cara mendapatkan artikel berkualitas berdasarkan pengalaman saya:

1.Menulis sendiri
Cara terbaik mendapatkan artikel berkualitas adalah dengan menulis sendiri artikel tersebut. Dengan menulis sendiri, kita bisa menentukan gaya penulisan dan alur artikel yang sesuai dengan keinginan kita.

Tentu saja untuk menghasilkan sebuah artikel yang berkualitas, Anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik serta memiliki penguasaan tata bahasa yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Meskipun awalnya suit, tapi jika Anda bersungguh-sungguh melatih dan membiasakan diri Anda menulis, lambat laun Anda akan semakin mahir dan semakin mudah dalam menulis sebuah artikel yang berkualitas.

Untuk mempercepat proses pengasahan kemampuan menulis Anda, belilah tutorial, ebook, atau panduan menulis artikel yang berkualitas. Salah satu blogger yang menjual panduan tersebut adalah Herman Yudiono di blogodolar.com. Saya sendiri telah membeli ebooknya dan merasakan manfaat yang besar darinya.

2.Menyewa jasa penulisan artikel
Bagi Anda yang merasa tidak memiliki kemampuan menulis artikel yang berkualitas, maka cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menyewa jasa penulisan artikel. Walaupun Anda harus mengeluarkan biaya untuk itu, tetapi kualitas artikel yang akan Anda dapatkan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Saat ini sudah sangat banyak jasa penulis artikel berkualitas yang bisa didapatkan. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda. Jika artikel yang Anda butuhkan dalam bahasa Inggris, maka iwriter.com merupakan tempat yang tempat untuk mendapatkannya.

Sedangkan jika artikel yang Anda butuhkan dalam bahasa indonesia, maka Anda bisa menyewa jasa penulis artikel indonesia di taipawriter.com

Selain kedua tempat tersebut, tentunya masih banyak lagi jasa-jasa penulis artikel yang berkualitas baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia. Hanya saja kedua tempat tersebut menawarkan harga jasa penulisan artikel yang cukup murah.

3.Membeli artikel yang dilelang
Cara lain untuk mendapatkan artikel yang berkualitas adalah dengan cara membeli artikel yang dilelang, baik artikel dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.
Keuntungan membeli artikel yang dilelang adalah Anda tidak perlu lagi menunggu penyelesaian artikel tersebut untuk ditulis. Sebab, artikel yang dilelang berarti artikelnya sudah selesai semua dan siap berpindah tangan ke orang yang memenangkan lelang tersebut. Selain itu, artikel yang dilelang biasanya memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan harga artikel dari jasa penulisan artikel.

Salah satu tempat untuk membeli artikel yang dilelang adalah melalui ads-id.com, yang saat ini merupakan salah satu forum internet marketing terbesar di Indonesia. Di dalam forum tersebut banyak dilakukan pelelangan artikel dengan harga murah.

Tapi perlu dicatat, bahwa artikel lelang kadang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mencegah jangan sampai Anda dirugikan dengan membeli artikel yang tidak berkualitas, maka pililah pelelang yang menawarkan artikel berkualitas dan memberikan garansi refund artikel jika ternyata artikel tersebut tidak berkualitas atau tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar